Masuk SMK, Why Not?

    Tak terasa sudah masuk bulan April ya, teman-teman yang ada di kelas ‘ujung’ seperti kelas 3 SMP dan kelas 3 SMA sepertinya sudah mulai sibuk dengan ujiannya nih karena sebentar lagi kan naik ‘level’ ke jenjang yang lebih tinggi. Oke deh, aku doakan supaya teman-teman semua sukses di ujiannya, tapi jangan lupa belajar yang giat yaa.. Nah, selain belajar untuk ujian, tentunya teman-teman semua sudah punya rencana dong, setelah lulus mau kemana?

   Untuk yang SMA, teman-teman bisa pilih jurusan yang kalian minati di universitas favorit. Kalau yang masih duduk di SMP, mau kemana? Jawabannya: “yak e SMA lah…” eits… tapi itu dulu. Kalau kamu merasa masuk SMA itu pilihan satu-satunya,sepertinya sekarang nggak deh, Selain SMA teman-teman masih punya pilihan lain yakni SMK.


    Mungkin teman-teman nggak banyak tahu tentang SMK sehingga melihatnya dengan sebelah mata. Bilanng sekolah di SMK nggak keren lah, nggak menjamin karier dan sekolah no.2. Bener nggak sih?? Nah makanya, Penting nih untuk tahu SMK itu apa sih? Apa bedanya dengan SMA? Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan lembaga pendidikan yang bertanggung jawab dalam mencetak & menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan akademis sekaligus mempunyai keahlian khusus sesuai dengan program keahliannya. Siswa-siswa SMK mempelajari teori ddan melakukan praktek (Prakerin/PKL/PSG). Sehingga setelah mereka lulus nanti mereka sudah punya pengalaman yang mantap untuk langsung memasuki dunia kerja.

    Walaupun lulusan SMK dipersiapkan untuk bisa langsung terjun ke dunia kerja, bukan berarti mereka tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi lho. Kalau teman-teman mau kalian bisa melanjutkan kok ke jenjang universitas dengan jurusan yang serupa. Umumnya ketika sudah duduk di kelas XI SMA, teman-teman akan dihadapkan dengan pilihan untuk masuk jurusan IPA atau IPS. Tapi kalau di SMK teman-teman bisa milih jurusan yang lain seperti di SMK N 2 Bawang, pilihan jurusannya ada 3 yaitu TKJ (tekhnik komputer dan jaringan), TAV (tekhnik audio video), dan yang terakhir TSM (tekhnik sepeda motor). 

   Jurusan TKJ (teknik computer dan jaringan) tentunya nih pasti berhubungan sama yang namanya PC(personal computer), mulai dari merakit PC, mempelajari fungsi dari komponen-komponen computer, sampai troubleshooting PC. Lebih jauhnya lagi nih ya tentu saja tentag jaringan, namanya aja teknik computer dan jaringan yaa pastilah akan bertemu dengan pelajaran jaringan computer. Kalau jurusan TAV (teknik audio video) mulai dari merakit sebuah alat elektronik, mengenal bagian-bagian alat elektronik sedetail-detailnya mulai dari bagian yang terkecil. Kita juga diajarkan bagaimana memperbaiki alat elektronik yang rusak.(Tapi itu menurut saya, karena saya bukan anak TAV jadi saya kurang tahu tentang hal ini,,,, heheheeh… maaf yaa kalau ada kesalahan) Yang terakhir nih jurusan TSM (teknik sepeda motor) atau bahasa kerennya nih tekhnik otomotif, tentunya dari namanya aja kalian udah bisa menebak apa saja yang dipelajari disini.

    Yap, benar sekali, disini kita belajar men-service motor, memperbaiki motor yang rusak, dan yang nggak kalah pentingnya nih cara merawat mesin motor. Bahkan yang lebih kerennya nih siswa-siswa dari SMK 2 Surakarta ada yang bisa membuat mobil, yang diberi nama KIAT SMK. Kita juga bisa lho menirunya asal ada kemauan dan tekad yang kuat. Nah teman-teman nggak usah gengsi lagi deh, kalau masuk SMK karena udah jelas kan, SMK itu bukan pilihan no.2. Kalau teman-teman berminat dan tertarik dengan jurusan yang ditawarkan, Kenapa nggak..?

SMK BISA.....!!!!

. Bookmark the permalink.

Leave a Reply